Senin, 19 Oktober 2015

Kecanduan Gadget (Nomophobia)

Hay semua, balik lagi bersmaa psiko-blogid. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai “Nomophobia”, hiih apatuh? saya akan membahasnya disini. Dalam abad-21 ini tidak bisa dipungkiri, bahwa smartphone sudah menjadi salah satu bagian terpenting dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan sebagian orang beranggapan “smartphone-ku adalah hidup-ku”, oke saya setuju akan anggapan itu. Tapi untuk mereka-mereka yang benar-benar menggunakan smartphone secara bijak. Dan bagi saya, kebiasaan hidup manusia masa kini sudah bergeser. Kenapa? Karena bisa kita lihat sendiri, mereka lebih memilih untuk mengecek smartphone nya. Dibandingkan dengan melihat, atau memperhatikan keadaan disekitar mereka.
                Dan menurut beberapa ahli, ada efek buruk salah satunya yaitu “Nomophobia” . pasti teman-teman semua akan bertanya-tanya, apa itu Nomophobia? Okelah, saya akan jelaskan apa itu Nomphobia. Nomophobia merupakan phobia yang membuat anda memiliki sifat gelisah yang berlebihan. Hal tersebut timbul dari keinginan untuk melihat smartphone yang berlebihan. Semenit saja tidak melihat smartphone, anda akan merasa sangat khawatir. Efek ini tentunya sangat tidak bagus, karena anda akan lebih memusatkan perhatian pada smartphone anda. Phobia ini akan sangat mengganggu karena sangat merusak konsentrasi anda. Untuk mengurangi salah satu ketergantungan smartphone ini, adalah mulai membiasakan diri untuk memprioritaskan diri kepada hal lain yang lebih prioritas bagi diri anda.
                Itulah penjelasan singkat mengenai Nomophobia, apakah anda salah satu dari orang yang mengidap “Nomophobia” tersebut?. Silahkan anda berkaca, dan lihat diri anda masing-masing. Dan ada pula beberapa ciri-ciri apabila anda adalah seorang yang mengidap Nomphobia :
1.       Badmood, atau bete ketika signal di gadget anda tiba-tiba menurun/drop.
2.       Panic dan gelisah, apabila gadget anda tidak ada pada genggaman anda.
3.       Gemar selfie, dan update status sosial media secara berkala tiap jam/menit.
4.       Membawa gadget hingga ke kamar mandi.
5.       Tidur dengan gadget disamping anda.
6.       Selalu siap sedia powerbank, karena khawatir baterai gadget anda habis/menipis.
7.       Mengecek gadget, hal utama yang dilakukan ketika anda baru bangun tidur.
Apakah ciri-ciri di atas terjadi pada diri anda? Apabila iya, kita harus mulai belajar mengendalikan diri terhadap penggunaan gadget. Karena berinteraksi dengan orang disekitar anda pastinya lebih menyenangkan bukan. Sekian untuk postingan kali ini mengenai “Nomphobia”. Semoga teman-teman semua bisa bijak dalam menggunakan smartphone nya masing-masing.

resource : http://dhanzcorner.blogspot.co.id/


1 komentar: