Rabu, 14 Oktober 2015

Apa itu Psikologi?

Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.
Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, psikologi melalui sebuah perjalanan panjang. Konsep psikologi dapat ditelusuri jauh ke masa Yunani Kuno. Psikologi memiliki akar dari bidang ilmu Filosofi yang diprakarsai sejak zaman Aristoteles sebagai ilmu jiwa, yaitu ilmu untuk kekuatan hidup (levens beginsel). Aristoteles memandang ilmu jiwa sebagai ilmu yang mempelajari gejala - gejala kehidupan. Jiwa adalah unsur kehidupan (Anima), karena itu tiap - tiap makhluk hidup mempunyai jiwa. Dapat dikatakan bahwa sejarah psikologi sejalan dengan perkembangan intelektual di Eropa, dan mendapatkan bentuk pragmatisnya di benua Amerika.
Dan adapula pengertian psikologi menurut para ahli, berikut ini adalah definisi mengenai ilmu psikologi beserta dengan tokoh yang memperkenalkannya.
1.       Wilhem Wund : Psikologi adalah ilmu yang mempelajari menganai kesadaran manusia.
2.       Woodroth dan Marquis : Psikologi merupakan ilmu yang mempelahari tingkah laku manusia, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Hal tersebut meliputi aktivitas berfikir (kognisi), emosional (afeksi), dan fisik (konasi).
3.       Fieldman : Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku dan proses mental pada manusia.
4.       Clifford T. Morgan : Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang manusia dan hewan.
5.       Gardner Murpgy : Psikologi adalah ilmu yang mempelajari respons yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.

sumber : www.wikipedia.com, www.anneahira.com

0 komentar:

Posting Komentar