Selasa, 20 Oktober 2015

dampak buruk kecanduan game

Halooo semua para pembaca setia psiko-blogid, kali ini saya akan membahas artikel tentang “dampak buruk kecanduan game online”. Dan disini saya akan membahasa game yang sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia baik anak-anak, maupun orang dewasa, yaitu CoC (Clash of Clans). Karena, hampir setiap saya melihat disekitar saya orang yang memiliki smartphone pasti memainkan game ini. Sayapun sempat kepo, dan akhirnya saya juga ikut kecanduan game ini. Akan tetapi, Alhamdulillah sekarang sudah tidak begitu aktif memainkan game ini. Kalau bosan datang barulah saya memainkan game ini, jadi intinya sekarang ini saya bukan pemain aktif CoC lagi, hehe.
Saya akan menceritakan bagaimana game ini bisa membuat para pemainnya menjadi seorang yang kecanduan dengan game ini. Jadi, di awal kita bermain akan diberikan tutorial singkat, bagaimana caranya memainkan game ini. Jadi pada intinya kita diharuskan untuk membangun sebuah village (desa), dimana village dari tiap-tiap pemain akan memiliki level dan juga Townhall (pusatnya desa). Dimana kita dituntut untuk membuat village kita masin-masing menjadi lebih kuat dibandingkan dengan village teman satu clan kita atau village teman kita.
Nah dari situ timbul yang namanya penasaran, dimana penasaran itu secara tidak langsung membuat kita menjadi kecanduan dengan game ini. Kalau yang saya rasakan sih begitu, dan lebih parahnya lagi. Karena game ini memiliki system in-app purchase (pembelian di dalam aplikasi), dimana kalau kita bisa mempercepat village kita dalam melakukan upgrade-upgrade. Ada teman saya yang tidak bisa mengontrol in-app purchase nya ini, sehingga dia sudah menghabiskan sekitar Rp. 3.000.000. bahaya bukan? Apalagi bila dimainkan oleh anak-anak yang tidak mengerti apa arti dari in-app purchase.
Lalu, apa efek buruk dari game ini? “kecanduan”. Ya, itulah efek terburuk dari game ini menurut saya. Karena kita sudah tau, sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik. Kalau dari sisi psikis, apa efeknya? Ini diantaranya :
·         Pikiran kita akan terus tertuju pada apa yang sedang kita mainkan, sehingga dapat merusak konstrasi berpikir, baik dalam belajar maupun bekerja.
·         Membuat kita menjadi cuek dan acuk tak acuh terhadap keadaan dilingkungan sekitar kita.
·         Menghalalkan segala cara agar mendapatkan yang terbaik di dalam game, seperti berbuat curang (cheat). Dan itu bisa terbawa ke dalam kehidupan kita.

Itulah beberapa efek psikis yang mungkin bisa kita dapatkan, apabila kita sudah menjadi seorang gamers addict(kecanduan bermain game). Dan apakah anda salah satu dari sekian orang yang sudah menjadi korban kecanduan game? Kita bisa melihatnya dan mengintorspeksi diri kita masing-masing. Sekian untuk artikel kali ini sobat, sampai jumpa pada artikel berikutnya. See yaaaa.

1 komentar: